Soft Copy
PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK FASHION DI TIKTOK LIVE SURVEY PADA MASYARAKAT RW.08 SRENGSENG SAWAH, JAKARTA SELATAN
XMLTransformasi digital pada saat ini telah merevolusi lanskap industri ritel global, termasuk di Indonesia. Salah satu bentuk inovasi ini adalah e-commerce. Dalam konteks bisnis fashion para penjual memanfaatkan platform e-commerce Tiktok sebagai sarana untuk mempromosikan dan menjual produknya.
Content marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang kuat terhadap impulse buying produk fashion di TikTok. Content marketing berperan dalam menciptakan daya tarik dan ketertarikan visual, sementara Electronic Word Of Mouth (E-WOM) membangun kepercayaan dan meyakinkan konsumen melalui ulasan dan testimoni dari pengguna lain. Kedua faktor ini bekerja sama dalam menciptakan lingkungan belanja yang memicu keputusan pembelian spontan tanpa perencanaan.
Tujuan Penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengaruh content marketing memiliki pengaruh terhadap impulse buying produk fashion pada masyarakat RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan (2) Untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) memiliki pengaruh terhadap impulse buying produk fashion pada masyarakat RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan (3) Untuk mengetahui Content Marketing dan Electronic Word Of Mouth memiliki pengaruh terhadap Impulse Buying produk fashion pada masyarakat RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.
Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability dengan pengumpulan data menggunakan google form. Metode analisis data menggunakan metode purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan software SPSS Versi 26.
Disimpulkan dari hasil pengelolaan data diperoleh Content Marketing terhadap Impulse Buying pada wilayah RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, bahwa Content Marketing (X1) berpengaruh terhadap Impulse Buying berdasarkan thitung 2.016 > ttabel 1.681 dan nilai sig < 0,05 (0,050 < 0,05), Hubungan korelasi Content Marketing sebesar 0,892 yang artinya sangat kuat dan positif terhadap Impulse Buying. Besarnya pengaruh Content Marketing terhadap Impulse Buying sebesar 79,6%, sedangkan sisanya 20,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Disimpulkan dari hasil pengelolaan data diperoleh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap Impulse Buying pada wilayah RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, bahwa Electronic Word Of Mouth (E-WOM) (X2) berpengaruh terhadap Impulse Buying berdasarkan thitung 3.365 > ttabel 1.681 dan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05) Hubungan korelasi sebesar 0,908 Electronic Word Of Mounth (E-WOM) terhadap Impulse Buying yang sangat kuat. Besarnya pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) sebesar 82,4%, sedangkan sisanya 17,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Disimpulkan dari hasil pengelolaan data diperoleh Content Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) perpengaruh terhadap Impulse Buying pada wilayah RW.08 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan tingkat signifikan (0,000 < 0,05) dan Fhitung (109.618 > 3.22). Hubungan korelasi sebesar 0,916 Content Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap Impulse Buying yang sangat kuat. Besarnya pengaruh Impulse Buying dapat dijelaskan oleh Content Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) sebesar 0,839 atau 83,9% sedangkan sisanya 16,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
TIARA SRI RAHAYU - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
01202140101
|
| Dosen Pembimbing |
Enny Widayati, S.Mi, M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Dr. Rambe Kamarul Zaman, M.Sc.,M.M - - Ketua Penguji/Penguji 1
Tagor Rambey, S.E., M.M - - Anggota/Penguji 2 RUDI LAKSONO,S.E.,M.P - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
| Edisi |
Unpublished
|
| Prodi/Fakultas |
Prodi Manajemen /Fakultas Ekonomi
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi |
Unpublished
|
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-255
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







