PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2023)

Detail Cantuman

Soft Copy

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2023)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tax Avoidance karena perusahaan besar umumnya memiliki sumber daya yang lebih banyak dan sistem pengendalian internal yang lebih baik dan mereka dapat mempekerjakan tenaga ahli perpajakan yang kompeten untuk mengelola aspek perpajakan perusahaan secara efektif dan efisien. Kepemilikan Institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tax Avoidance karena semakin besar Kepemilikan Institusional maka semakin kuat kendali yang dilakukan pihak eksternal terhadap perusahaan, sehingga memungkinkan terjadinya praktik penghindaran pajak. Sales Growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tax Avoidance karena semakin tinggi pertumbuhan pendapatan maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan menyebabkan perusahaan melakukan tindakan penghindaran pajak baik secara legal maupun ilegal. Dan Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Sales Growth berpengaruh secara simultan terhadap Tax Avoidance. Meskipun secara parsial arah pengaruh masing-masing variabel berbeda, dimana Kepemilikan Institusional dan Sales Growth berpengaruh positif sementara Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif. Namun secara simultan ketiganya memberikan kontribusi terhadap model. Dengan demikian, hipotesis kempat dapat diterima.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID/NPM
02202140042
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Unpublished
Prodi/Fakultas
Prodi Akuntansi/Fakultas Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
2025-57-251
Copyright
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
Doi

Bentuk File

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail