Soft Copy
SRATEGI KOMUNIKASI “SANGGAR MAHESWARI PRODUCTION INDONESIA” DALAM MEMPROMOSIKAN TARI TRADISIONAL DI ERA MODERN
XMLPelestarian budaya lokal, khususnya tari tradisional, menghadapi tantangan besar di tengah arus globalisasi dan modernisasi. Generasi muda sebagai pewaris budaya mulai kehilangan minat karena seni tradisional dianggap kurang sesuai dengan gaya hidup mereka. Dalam situasi ini, strategi komunikasi menjadi kunci untuk menjaga keberlangsungan budaya agar tetap diminati. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi Sanggar Maheswari Production Indonesia dalam mempromosikan tari tradisional serta hambatan yang dihadapi.
Penelitian menggunakan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) dan strategi komunikasi yang menekankan pemetaan audiens, penyusunan pesan, serta pemilihan media. Dengan pendekatan ini, komunikasi tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membangun ketertarikan dan mendorong keterlibatan generasi muda. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan dari pihak internal sanggar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Sanggar Maheswari adaptif terhadap perkembangan zaman. Media sosial dimanfaatkan sebagai sarana utama promosi, pesan disesuaikan dengan karakter generasi muda, dan partisipasi didorong melalui pendekatan digital. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan media digital serta rendahnya minat generasi muda terhadap budaya lokal. Meski begitu, Sanggar Maheswari tetap mampu menjaga eksistensi melalui inovasi dan kegiatan berbasis komunitas
Detail Information
| Item Type |
Bachelor's Thesis
|
|---|---|
| Penulis |
ANNISSA SEKAR MAWARNI BINTI WARSO - Personal Name
|
| Student ID/NPM |
03202140116
|
| Dosen Pembimbing |
Rezzi Nanda Barizki S.I.Kom.,M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Agus Hitopa Sukma, S.H M.Ikom - - Ketua Penguji/Penguji 1
Misnan, S.S.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 2 Alamsyah, S.Sos.,M.I.Kom - - Anggota/Penguji 3 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
| Edisi |
Unpublished
|
| Prodi/Fakultas |
Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial & Politik
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 : Jakarta., 2025 |
| Edisi |
Unpublished
|
| Subyek | |
| No Panggil |
2025-57-258
|
| Copyright |
Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957
|
| Doi | |
| Bentuk File |







